BESUT’S DAN BESUT

 In Berisik

Dok. Besut’s

Besut memiliki kekasih bernama Rusmini. Di antara hubungan percintaan Besut dan Rusmini, ada sosok Sumo Gambar yang sangat mencintai Rusmini namun selalu bertepuk sebelah tangan. Sumo Gambar ini orang kaya. Man Gondo, paman Rusmini, berpihak kepada Sumo Gambar karena kekayaannya tersebut. Man Gondo pun mengatur siasat agar Rusmini berpaling dari Besut ke Sumo Gambar. Akan tetapi, Rusmini dan Besut tetap tak bisa dipisahkan.

Kisah asmara segitiga antara Besut, Rusmini, dan Sumo Gambar selalu menjadi bumbu cerita di setiap pementasan Besut dan/atau Besutan. Besut adalah sebuah kesenian rakyat yang lahir di Jombang dan menjadi cikal bakal Ludruk. Besut sendiri adalah nama tokoh utama dalam pementasan rakyat tersebut. Banyak orang mengartikan Besut dengan akronim Beto Maksut yang berarti ‘membawa maksud’ dan/atau bisa diartikan secara luas dengan membawa pesan. Memang, salah satu ciri khas dari pementasan Besut adalah adanya pesan-pesan di dalamnya yang disampaikan kepada penonton.

Dewasa ini, Besut bisa kita bilang sudah kembang-kempis napasnya. Banyak anak muda yang tak lagi mengenal Besut. Hengky Kusuma, Seniman Ludruk dan Pemerhati Ludruk Remaja dalam wawancaranya dengan Kompas.com pada Jumat, 7 Januari 2011 silam menegaskan bahwa memang benar anak-anak muda sekarang sudah tidak lagi mengetahui dan mengenali Besut.

Kegelisahan tentang mulai melemahnya pengetahuan anak muda tentang Besut juga dirasakan oleh Rizki Faradi, salah satu musisi indie Jombang. Akhirnya, Rizki Faradi, yang biasa dipanggil Kendowor ini bersama teman-temannya memutuskan menggunakan nama Besut’s sebagai nama band mereka. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu usaha untuk mengingatkan kembali tentang kesenian Besut yang sejatinya adalah salah satu dari identitas masyarakat Jombang.

Besut’s saat ini sudah memiliki satu album dan sedang menyiapkan album keduanya. Band yang digawangi oleh Kendowor (Vocal dan Guitar), Gembut (Lead Guitar), Farid (Bass), Adi Pras (Keyboard), dan Ragil (Drum) ini baru saja melakukan tour dengan tajuk “Pura-pura Tour” di beberapa kota di Jawa Tengah.

Pada 29 Maret kemarin, perjalanan tour Besut’s dipungkasi dengan sukses di Yogyakarta. Mereka nimbrung di acara Terik Berisik #5 yang diselenggarakan oleh Ruang Gulma. Pada pementasannya tersebut, Besut’s tak lupa untuk mengenalkan kesenian Besut kepada para penonton. Mereka menjelaskan alasan band mereka dinamai Besut’s dan menceritakan tentang kesenian Besut. Cara mereka menyapa penonton juga asik. Untuk penonton laki-laki, mereka sapa dengan sebutan Sut (Besut, red.), dan untuk perempuan disapa Rus (Rusmini, red.). Hal itu berarti band ini tidak hanya mencoba mengingatkan Besut kepada masyarakat Jombang,  tetapi juga mencoba mengenalkan dan mengingatkan kembali kesenian Besut kepada siapa pun dan dan di mana pun.

Sebentar, barangkali sebagian dari kita mempertanyakan. Kesenian Besut yang sebenarnya adalah seni pertunjukan dan/atau sandiwara, kok, diperkenalkan melalui format band, apa tidak terlalu naif? Kenapa, kok, tidak membuat grup kelompok sandiwara Besut sekalian? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu, saya ingin meminjam kata-kata Kendowor yang diucpakan kepada saya selepas turun panggung, “Iso e ngene, Rek” yang artinya ‘Bisanya cuma begini’.

Ya, anak-anak muda yang tergabung dalam grup band Besut’s memang bisanya begitu. Bisanya main musik dan membuat lagu. Barangkali malah akan terlihat aneh dan tidak menarik jika mereka memaksakan diri bersandiwara di atas panggung. Lagi pula, musik hanyalah sebuah media atau alat. Sebagai media, saya rasa musik adalah media yang tepat untuk anak-anak muda. Anak muda mana yang tidak mendengarkan musik?

Band—yang jika boleh saya bilang—dengan misi kebudayaan seperti Besut’s ini harus selalu kita dukung semampunya. Biarkan Besut’s memperkenalkan kesenian Besut kembali dengan cara yang mereka bisa, dan kita semestinya juga begitu, memperkenalkan kesenian Besut dengan cara yang kita bisa.

Sudah ya, Sut? Ya segini ini bisaku menulis, “Iso e ngene, Rek”.

Recommended Posts

Leave a Comment

X

Bagi konten ini dengan kawan

Hi, konten ini mungkin menarik untukmu: BESUT’S DAN BESUT!
Buka tautan berikut:
https://berisik.id/besuts-dan-besut/