Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ILLONA ATSP

HABISKAN MAKANANMU

Illona mengangkat fenomena tentang kebiasaan tidak menghabiskan makanan. Ilona menjumpai banyak orang yang tidak menghabiskan makanan di restoran, warung, dan bahkan di rumahnya sendiri. Karya ini sebagai cara introspeksi mereka untuk menghabiskan makanan yang sudah dipesan dan atau yang telah diambil di piring.

KOPIBASI

TEMPE 1

Kopibasi membicarakan proses tempe yang hadir dari peralihan menu yang bersifat hewani. Hal ini disebabkan naiknya jumlah penduduk pada abad ke-19 yang dibarengi dengan menyempitnya hutan. Hal tersebut berdampak pada hilangnya kesempatan berburu para penduduk di Jawa. Pulau Jawa menjadi wilayah terpadat pertama di Asia Tenggara, alhasil masyarakat harus membuat inovasi makanan seperti tempe untuk menyelamatkan kebutuhan pangan. Ironinya, saat ini tempe yang bergizi dan mudah didapatkan justru ‘tersisih’. Bahkan, ada stigma ‘mental tempe’ yang berkonotasi negatif yang berkembang di masyarakat.

ROBBRS

DINE AND WHINE

Ada sebuah rutinitas yang biasa ia lakukan dengan ibu: berdua duduk di meja makan untuk menyantap masakan buatan ibunya sembari berbincang tentang banyak hal. Tidak ada yang tahu sejak kapan rutinitas ini dimulai, yang jelas keduanya sama-sama menyukai makanan buatan rumah dan kedekatan yang tercipta dari pertukaran pikiran itu. Namun, semakin sang anak tumbuh dewasa, ternyata semakin berbeda pula pandangan yang ibu dan anak ini punya. Sedikit demi sedikit, sang anak tidak lagi merasakan kenyamanan dari perbincangan di meja makan itu

DHARMA

BEDA SELERA

Dharma dalam lagu Beda Selera mengangkat sebuah kebiasaan makan bersama yang dinilai bukan hanya kebiasaan untuk mengatasi lapar. Makan bersama bisa menjadi sarana atau pelengkap dalam silaturrahmi dan musyawarah/rapat meski masing-masing memiliki ‘selera’ (baik di wilayah makanan, pandangan politik dan sebagainya) berbeda. Menariknya, Dharma juga mengungkapkan kenyataan bahwa di segala perbedaan, kita masih menyimpan persamaan, yaitu selera terhadap nasi.

AFAPIKA

CONDONG

Lagu ini menceritakan tentang petani di desa Condong, sebuah desa di Purbalingga, Jawa Tengah. Lukman, vokalis Afapika memiliki pengalaman di desa tersebut, dan berharap suatu saat akan kembali dan mengulang pengalaman tersebut. Lagu ini dipersembahkan Afapika sebagai upaya mengapresiasi sekaligus dokumentasi ingatan akan suka-duka petani desa Condong.

HOLIDAY ANNA

KELAPA KELANA

Kelapa merupakan tumbuhan yang sangat identik untuk melukiskan indahnya alam Indonesia sebagai negara maritim dengan banyaknya pantai yang membentang sangat luas. Daging dan air dari buah kelapa telah menjadi bahan baku pembuatan berbagai makanan tradisional dan penawar racun.

UMAR HAEN

KISAH KAMPUNGKU

Lagu ini bercerita tentang. Bercerita pula tentang beragam informasi sepenggal tentang kota yang terus menerus terdistribusikan di desa. Aktivitas tersebut kemudian memunculkan persoalan baru, pemuda tergiur untuk meninggalkan kampung halamannya untuk bekerja di kota. Pemuda desa jauh dari pengetahuan pertanian, alhasil sawah-sawah tak lagi ada penerus untuk mengolahnya.

SHOPPING LIST

LAGU IBU TANI

Akhir-akhir ini pergolakan terasa di pesisir selatan Yogyakarta, Kulon Progo, Kendeng Jawa Tengah, dan masih banyak lagi dimana masyarakat petani semakin tercerabut dari lahannya. Sementara di sisi lain jumlah anak muda yang tertarik terjun sebagai petani pun semakin sedikit. Regenerasi petani terhambat. Keresahan akan kehidupan petani ini mendasari terbentuknya lagu “Ibu Tani” yang digagas oleh Shopping List. Terciptanya lagu ini sebagai upaya untuk mempertanyakan kembali arah ketahanan pangan yang kerap digadang-gadang dewasa ini.

SETUBENGI

BLUES LAPAR

Blues Lapar bercerita tentang anak muda di perantauan yang jauh dari teman dan kerabat dekat. Satu hal yang paling berat dalam persoalan yang dihadapi anak muda tersebut adalah hampir tak punya tempat tinggal dan kelaparan.

ORKES KODOK NGOREK

NASI ADDICTED

Lagu Nasi Addicted bercerita tentang makanan paling populer di Indonesia yaitu nasi. Kita pun menyatakan bahwa kalau tidak makan nasi itu seperti halnya belum makan. Padahal kalau kita mau tahu dan menyadari, sebenarnya banyak sekali akibat dari seringnya kita mengkonsumsi nasi, salah satunya diabetes. Di satu sisi Indonesia sebenarnya memiliki pilihan makanan pokok selain nasi.

TIGER PAW

CIU

Tiger Paw mengangkat tema Ciu untuk album kompilasi ini. Ciu adalah minuman ber-alkohol yang terbuat dari bahan beras. Tiger Paw menjelaskan bahwa ciu biasa dikonsumsi oleh kalangan menengah ke bawah karena harganya yang murah. Ciu juga sebuah produk yang mampu menggema tanpa perlu brand atau kemasan khusus. Meski begitu, Tiger Paw tidak pernah menemukan korban meninggal akibat menenggak Ciu kecuali jika dioplos. Tiger Paw ingin Ciu yang dipandangnya sebagai salah satu kearifan lokal, menjadi lebih dikenal oleh masyarakat

FARINELA

WEDANGAN

Lagu ini bercerita tentang kehangantan malam di kota solo. Saling berbincang bersama teman sembari ditemani teh hangat di Angkringan. Teh menjadi salah satu alat untuk membuka pembicaran dengan siapa saja yang kita jumpai di warung tersebut.

GAMELAN MBEN SURUP

TUMPENG-AN

Olahan nasi tumpeng biasanya disajikan dalam acara-acara tertentu, seperti pesta, kenduri, dan upacara tradisional lainnya pada masyarakat Jawa, Bali, dan Madura. Kehadiran tumpeng tersebut dimaknai sebagai upaya manusia berterima kasih kepada alam dan Tuhan. Komposisi yang dibuat oleh Gamelan Mben Surup mencoba mengajak pendengarnya untuk senantiasa mengucap syukur.

MERAH BERCERITA

ORDE SINTETIS

Negeri ini negeri agraris, nenek moyang kita petani, tapi urusan pangan kita impor. Gara-gara Orde Sintetis banyak ditemui tanah di wilayah pertanian berubah fungsi. Para petani yang mengolahnya pun ikut dibasmi. Aktivitas tersebut menyebabkan krisis pangan menjalar ke penjuru negeri, pribumi kelaparan di tanahnya sendiri dan ini mimpi buruk yang semakin menjadi-jadi. Dengan berjubah penyelamat, Orde Sintetis datang di tengah-tengah krisis menawarkan solusi, yang nyatanya bukan jawaban dari persoalan yang ada. Para pelaku Orde Sintetis ini, semakin sombong, menjadi durhaka, dan lupa bahwa hidup lahir dari rahim Ibu Bumi.

BUMI & KEJORA

SWEET WORLD

Bumi dan Kedjora membuat lagu yang berkisah tentang manisnya dunia kecil seseorang, semanis jajanan pasar seperti carang gesing dan nogo sari. Kisahnya akan dikemas secara imajinatif sesuai warna Bumi dan Kedjora. Jajanan pasar yang dijadikan metafora, karena memang jajanan yang disebutkan terasa begitu manis, karena memang dibumbuhi gula jawa. Sayangnya makanan tersebut semakin jarang kita temui di atas meja makan. Beberapa  jajanan pasar bahkan hanya bisa ditemui di pasar tradisional. Nama panganan ini yang kami jadikan pancingan agar teman-teman mengenali lagi rasa manis di balik lidah lokal.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
X

Bagi konten ini dengan kawan

Hi, konten ini mungkin menarik untukmu: Kompilasi!
Buka tautan berikut:
https://berisik.id/2500-kalori/kompilasi/