Agustus, 2018

12agu(agu 12)2:00 PMJALAN REMAJA 1208 - 12 AGUSTUS 20182:00 PM Antologi Collaboractive Space

Detil Kegiatan

jalanremaja1208

Pada tahun 2017 hingga awal 2018, Kampung Halaman menyelenggarakan Rembuk Remaja di tiga kota besar Indonesia, yaitu Bandung, Makassar, dan Medan. Acara ini mempertemukan 60 remaja yang mewakili komunitasnya dari berbagai macam daerah di Indonesia untuk belajar merancang aktivitas yang memiliki dampak sosial dan membentuk potensi kolaborasi. Melalui proses ini, Kampung Halaman dapat melihat keragaman isu yang dihadapi para remaja, serta memahami cara mereka merespon dan mengungkapkan aspirasi atas isu tersebut secara khas kelokalannya masing-masing.

Kampung Halaman pun memetakan lebih lanjut relevansi temuan ini dengan situasi yang dihadapi para remaja Indonesia dalam mewujudkan semangat perubahan tersebut. Salah satunya adalah terbatasnya ruang dan akses untuk memperoleh dukungan dari pemangku kepentingan yang lebih luas untuk berkolaborasi. Hal ini disebabkan oleh pandangan umum mengenai ketidakmampuan remaja untuk berkontribusi nyata bagi lingkungannya. Selain itu, seringkali inisiatif-inisiatif komunitas remaja ini tidak dianggap penting dalam proses pembentukan identitas dan mendefinisikan ‘Menjadi Remaja Indonesia’ dari kacamata mereka sendiri.

Melalui proses ini, dalam rangka memperingati hari remaja internasional, Jalan Remaja mengusung headline “Aku Remaja Indonesia” dengan tagline: “Aku bagian dari 63 Juta Remaja Indonesia Yang BAPER (Bawa PERubahan)”. Kampanye AKU REMAJA INDONESIA mencoba mengubah perspektif permasalahan di atas yaitu dengan menyebarluaskan pesan remaja sebagai pembawa perubahan, sekaligus mengangkat berbagai inisiatif, pandangan, dan aspirasi tentang perubahan yang telah atau akan dilakukan para remaja di komunitasnya.

Agar kampanye ini semakin relevan dan memiliki pesan yang kuat, maka ada beberapa proses yang coba didorong di balik keterlibatan remaja dalam kampanye ini.

JALAN YUK !!

Jalan Remaja 1208 mengajak komunitas/organisasi/kelompok dengan visi dan misi yang sama untuk berpartisipasi melalui dua aktivitas yaitu;

Kompetisi Video Diary 1 – 5 Menit

Membuat hasil karya video atau vlog diary dengan mengusung kampanye #AkuRemajaIndonesia | AKU BAGIAN DARI 63 JUTA REMAJA INDONESIA YANG : BAPER (BAwa PERubahan) #BaperBawaPerubahan. Pesan yang disampaikan dalam video diary seperti (contoh: Sharing ide/gagasan/aktivitas yang pernah dilakukan, opini yang mencerminkan kondisi remaja di lingkungan masing-masing, testimoni remaja/komunitas untuk remaja Indonesia, dll). Video Diary yang diunggah berhak ikut dalam kompetisi video diary JR1208. Kompetisi yang dimaksud bukan untuk menentukan yang baik atau buruk, tetapi sejauh mana remaja mampu refleksi terhadap diri dan lingkungannya.

Let’s Do Action ‘Remaja Baper’

Komunitas diajak untuk merayakan hari Remaja Internasional pada 12 Agustus 2018, dengan mengadakan aktivitas yang merefleksikan remaja di lingkungan/komunitas mereka dengan mengusung tema dari Jalan Remaja 1208. (contoh: *aksi bersih-bersih pantai, workshop crafting menggolah sampah, screening dan diskusi film) . Komunitas dan remaja yang terlibat dalam Let’s Do Action akan mendapatkan sertifikat dari Yayasan Kampung Halaman. Satu aktivitas terinspiratif akan mendapatkan apresiasi, dinilai dari review tulisan pasca kegiatan dan aktif memposting dikanal jejaring sosial.

PESAN BERANTAI ‘Aku Remaja BAPER’

Melalui jejaring sosial instagram, kami menggajak remaja maupun terbuka untuk umum untuk menyuarakan cara pandangnya sebagai menyikapi atau sebagai remaja Indonesia. Mengusung pesan sebagai remaja membawa perubahan untuk lingkungannya dan untuk Indonesia. Pesan Berantai ini menggunakan metode give away. Dengan hestek #AkuRemajaIndonesia #AkuRemajaIndonesiaBAPER . Give Away dilaksanakan mulai 15 Juli – 12 Agustus 2018

 

LET’S DO ACTION : 12 AGUSTUS 2018 di YOGYAKARTA

Diselenggarakan di Yogyakarta. Berkolaborasi dengan Remaja dari Sekolah Pagesangan, Aruna (*Musisi Remaja), dan Tarapti Ikhtiar Rinrin (Musisi, Penulis, Penggisi Lagu Soundtrack film Dilan). Diharapakan Let’s Do Action yang berlangsung di Jogja, menjadi ruang tatap muka antar remaja untuk saling menginspirasi. Akan dihadiri perwakilan Siswa Siswai SMA se DIY, Komunitas-komunitas remaja, dan penanggap dari beberapa seniman dan penggerak aksi sosial seperti Papermoon Puppet Teater, Kecil Bergerak, Farid Stevy FESTIVALIST, dan Sanggar Anak Alam.

Waktu

(Minggu) 2:00 PM

Lokasi

Antologi Collaboractive Space

Gang Gayamsari II No. 9C, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Penyelenggara

Yayasan Kampung Halaman Dusun Krapyak, no 05, RT. 05/RW. 55, Desa Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Yogyakarta – 55584

Leave a Comment

X

Bagi konten ini dengan kawan

Hi, konten ini mungkin menarik untukmu: JALAN REMAJA 1208 - 12 AGUSTUS 2018!
Buka tautan berikut:
https://berisik.id/events/jalan-remaja-1208-12-agustus-2018/