MENGENAL BAKTERI BAIK DI DAPUR REMAJA

 In Cerita, Liputan
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kegiatan dua bulanan hasil kolaborasi Kampung Halaman, Jalan Remaja Youth-Coop dan Gabungan Remaja 55 bertajuk Selamat Pagi Vol. 11 kembali digelar hari minggu lalu (25/9).

Belasan lapak usaha kreatif anak muda dan ibu rumah tangga berjejer rapi menyambut pembelinya. Selain itu ada panggung tepi sungai, ruang karya dan ruang riang. Nah, edisi kali ini ada juga ruang dapur remaja bersama lifepatch, organisasi lintas-disiplin yang mengajak para anggota dan siapapun yang terlibat dalam aktivitasnya untuk meneliti, menggali, dan mengembangkan kehadiran teknologi, sumber daya alam, dan sumber daya manusia di daerah sekitarnya. Minggu lalu mereka diwakili oleh Mas Dholly dan Mas Agung berbagi pengalamannya dalam mengolah susu menjadi yogurt.

Mengenal Bakteri Baik Di Dapur Remaja | BERISIK.ID

Dok. Selamat Pagi

Kawan muda, yuk kita kenalan lebih dekat dengan yogurt !
Yogurt adalah minuman berbahan susu murni yang dicampur dengan bakteri baik bernama Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles. Dari percampuran itu terjadi proses fermentasi yang menciptakan asam laktat. Kedua bakteri baik ini punya peranan yang sangat penting. Mereka akan bekerja sama menghasilkan asetaldehid yang menciptakan rasa asam pada yogurt.

Mas Dholly dan Mas Agung dari Lifepatch mulai menjelaskan satu persatu tahapan kepada peserta ruang Dapur Remaja. Siang itu ada 15 remaja, laki-laki dan perempuan yang sama antusiasnya mengikuti proses tersebut. Diwarnai dengan guyonan-guyonan peserta dan lifepatch setelah Mas Dholly menyebut ëspatulaî (alat pengaduk/ suthil dalam bahasa Jawa)í yang asing bagi sebagian besar peserta. Selain bakteri baik dan spatula perserta juga tergelak dengan penjelasan susu encer karena diproduksi oleh sapi yang sedang pusing. Dapur semakin meriah.
Penasaran bagaimana cara membuat yogurt ? Berikut bahan dan langkah-langkahnya.

Bahan utama

  • Susu Murni/Non pengawet
  • Plain yogurt
  • Alat yang perlu disiapkan
  • Kompor
  • Panci
  • Spatula
  • Saringan
  • Toples/botol (Sebaiknya berbahan kaca)
  • Sendok

Langkah-langkahnya

Setelah semua bahan dan alat sudah siap kita harus merebus dulu susu murninya dengan menuangnya ke dalam panci sambil disaring. Rebus dengan api kecil selama kira-kira 15 menit sambil terus diaduk menggunakan spatula. Ketika rebusan susu mengeluarkan gelembung-gelembung kecil itu tandanya proses merebus sudah bisa diakhiri atau akhiran tersebut juga bisa diartikan bahwa kondisi susu ada dalam kisaran suhu 80∫ C. Fungsi pemanasan ini adalah untuk menghilangkan kontaminasi bakteri lainnya yang tidak kita inginkan dan untuk mempersiapkan protein susu pada kondisi yang sesuai bagi bakteri yogurt untuk berkembang biak.

Setelah susu berhasil direbus maka langkah selanjutnya adalah mendiamkannya dalam kurun waktu tertentu sampai kondisinya tidak begitu panas dan juga tidak terlalu dingin. Setelah susu siap kita bisa langsung memasukaannya ke dalam toples/botol dan ditambahkan starter plain yogurt dengan takaran 5% dari jumlah susu yang mau dibuat. Setelah itu jangan lupa ditutup rapat toplesnya ya.

Dari sini akan mulai proses fermentasi susu menjadi yogurt. Proses ini membutuhkan ruangan yang lebih hangat karena akan memicu bakteri bekerja lebih cepat. Yoghurt membutuhkan minimal 8 jam proses pembuatan. Hal yang wajib diingat, kawan muda tidak perlu memasukkan susu kedalam kulkas karena bakterinya malah tidak bekerja dan gagal menjadi yogurt. Setelah proses fermentasinya selama 8 jam selesai, olahan susu tadi bisa disebut plain yogurt dan harus kita simpan di kulkas untuk memberhentikan proses fermentasinya. Setelah itu boleh diicip-icip deh, asem nggak ya? Nah kalo udah asem berarti yogurtnya sudah jadi dan bisa dikonsumsi langsung. Yoghurt bisa juga dinikmati dengan dicampur jus buah-buahan yang ditambah sedikit gula. Selamat menikmati ya!

Tips membuat yogurt

  1. Pastikan menggunakan susu murni ya, jangan pakai susu cair kemasan yang di UHT.
  2. Usahakan semua alat steril dengan dicuci terlebih dulu lalu dimasukan ke air panas beberapa saat. Kesterilan ini menjadi kunci berhasil atau gagalnya dalam pembuatan yogurt loh. Dalam proses sterilisasi toples/botol kaca jangan sekali-kali langsung memasukannya ke dalam rebusan air yang baru mendidih. Setelah ditunggu beberapa saat barulah toples/botol kaca dicelupkan supaya tidak pecah.
  3. Pada saat memasukan susu ke dalam toples/botol kaca diusahakan tidak terlalu penuh ya.
  4. Kalau mau simpan yoghurt, jangan menyimpannya di freezer kulkas. Susu dapat pecah dan merusak yoghurt.

Semoga cerita dari ruang dapur remaja ini bisa menambah pengalaman dan rasa percaya diri remaja membuat makanan sendiri ?

Salam spatula!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Simak yang lain Yuk!

X

Bagi konten ini dengan kawan

Hi, konten ini mungkin menarik untukmu: MENGENAL BAKTERI BAIK DI DAPUR REMAJA!
Buka tautan berikut:
https://berisik.id/mengenal-bakteri-baik-di-dapur-remaja/