PERSONAL IS POLITICAL

 In Liputan, Opini
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tanggal 15-16 Februari 2016 Kampung Halaman menyelenggarakan Workshop Video Diary yang diikuti lebih dari 20 yang terdiri dari teman dan kerabat KH (baca: Kampung Halaman). Workshop ini dimentori oleh Dian Herdiany dan Cicilia Maharani sebagai pendiri Yayasan Kampung Halaman dan pegiat Video Diary dari awal berdirinya KH sebagai sebuah organisasi. Personal is Politicaldiambil oleh Dian sebagai tema workshop ini. Menurutnya, sikap personal yang diambil oleh seseorang sesungguhnya bersifat politis. Karena di dalamnya ada ‘sikap’ yang diambil seseorang yang ingin ditunjukkan kepada orang lain.

Video Diary sendiri merupakan medium video partisipatoris yang digunakan Kampung Halaman sebagai alat pengorganisasian bersama remaja yang menjadi dampingan KH. Video yang dibuat dengan durasi singkat ini bertujuan untuk menjadi alat bagi remaja untuk menyampaikan statement yang ingin disampaikan oleh khalayak luas. Statement itu bisa berupa keadaan yang dialaminya atau tentang keadaan yang ada di lingkungan sekitarnya. Video Diary itu sesederhana seperti sebuah testimoni yang ingin disampaikan oleh seseorang melalui medium video, dalam hal ini remaja, jelas Dian Herdiany kemarin. Hal tersebut karena dalam proses pembuatannya, Video Diary bersifat sangat personal, khususnya bagi remaja. Peran KH dalam proses pembuatannya hanya sebagai fasilitator yang mendampingi para remaja yang ingin berbicara melalui Vodeo Diary.

Sebagai alat pengorganisasian, Video Diary bertujuan menjadi alat dialog remaja dengan lingkungan terkecil tempat mereka tinggal, misalnya orang tua, keluarga, teman, RT atau perangkat desa di mana remaja tinggal.

Kampung Halaman sendiri yang pada bulan mei nanti akan berulangtahun ke 10, berencana akan membuat Workshop Series sesuai dengan bidang-bidang yang didalami KH selama ini, dan Video Diary salah satunya.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Simak yang lain Yuk!

X

Bagi konten ini dengan kawan

Hi, konten ini mungkin menarik untukmu: PERSONAL IS POLITICAL!
Buka tautan berikut:
https://berisik.id/personal-is-political/