RINRIN DAN BOLA SALJU YANG MENGGELINDING DI DALAM DADANYA

 In Opini
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam proses pembuatan karya, Rinrin menyertakan beragam sudut pandang, suasana, dan runutan aktivitas yang dialami oleh orang-orang di sekitarnya. 

Dok. Ismi Rinjani

Perubahan bukan melulu tentang sosial. Merangkul teman sebaya adalah bagian dari menuju perubahan. Tentunya banyak jalan dan cara untuk melakukan hal tersebut.

Hal demikian disampaikan oleh Tarapti Ikhtiar Rinrin, musisi remaja sekaligus penulis lagu asal Bogor di sela-sela waktunya menunggu hidangan makan siang di sebuah restoran di Yogyakarta, Minggu (12/08) sebelum menjadi salah satu narasumber di acara #AkuRemajaIndonesia. Rinrin bukan tidak percaya pada perubahan yang berdampak besar, melainkan ia lebih memilih memulainya dengan hal yang menyenangkan. Baginya, menekuni sesuatu yang menyenangkan adalah upaya memperkuat karakter diri dan menjadikan pribadi seseorang semakin percaya terhadap dirinya. Hal itu tentu saja merupakan langkah utama sebelum akhirnya mampu menggerakkan orang-orang yang ada di sekitar.

Kemampuan berinteraksi dengan baik akan mengantarkan kita pada sebuah gerakan-gerakan kecil, seperti halnya solidaritas (di) kelas. Ketika solidaritas itu terbangun, sedikit demi sedikit akan muncul sebuah keinginan untuk menampakkan kesolidan tersebut. Dari sana lah perubahan itu terjadi, yang mulanya individual menjadi sebuah perkumpulan.

Berbicara soal individual, Rinrin yang baru saja disuguhi Spaghetti Alfredo, Potato Wedges, dan sebotol air mineral mengomentari pandangan sekilasnya perihal mahasiswa. Menurut Rinrin, dunia perkuliahan mestinya dijadikan untuk mencari koneksi sebanyak-banyaknya. Tetapi, nyatanya, masih saja ada mahasiswa yang individual. Melihat hal ini, barangkali Rinrin ingin merujuk kepada mahasiswa yang menempuh bangku kuliah untuk meng-imbuh-i nama belakangnya semata.

“Aduh… baper (bawa perubahan) itu kalau bisa ya secepatnya! Saat ini kita sadar, langsung! Gak usah mikir-mikir lagi,” pesannya di pengujung makan siang.

Dok. Ismi Rinjani

Musik dan Proses
Sebagai musisi muda, Rinrin melihat musik di Indonesia sudah berkembang. Terlepas ke mana perkembangan itu merujuk, Rinrin belum berkomentar. Munculnya grup-grup musik indie yang go international dan sejalan dengan berkembangnya teknologi, bagi Rinrin itulah yang cukup mewakili pernyataannya tersebut.

Meskipun dominan pasar memiliki minat pada satu genre tertentu, bagi remaja pemilik suara merdu itu sangatlah penting untuk mempertahankan genre musik setiap musisi/band. Hal demikian menunjukkan ke-autentikan Rinrin dalam dunianya tersebut. Tidak ada yang salah dengan menjadikan musik sebagai media untuk menunjukkan satu keberpihakan pada kelompok tertentu atau sebagai media besar penggulir uang. Rinrin mantap menyampaikan pendapatnya akan hal tersebut, “Karena musik itu kan, it’s supposed to make you happy,”.

Rinrin terhubung dengan musik dan penciptaan lagu sejak ia kecil. Ibu yang memiliki keahlian vokal yang keren dan ayah yang merupakan pemain gitar klasik, membuat Rinrin tidak ragu lagi memilih jalan ini. Meski demikian, Rinrin memiliki keinginan sendiri untuk mendapatkan sekolah musik agar ia secara mendalam dan mengerti secara teoretik tentang tahapan yang harus ia lakukan untuk memenuhi kecintaannya itu.

Dengan dibantu orang tuanya, ia menyempatkan berlatih gitar, membaca buku, notasi balok, hingga kamus, meskipun hanya empat halaman. Bahkan, Rinrin mengaku bahwa program studi yang ia pilih di bangku kuliah merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensinya dalam hal berkomunikasi. Hal itu akan diperlukan, mengingat ia adalah seorang penulis lagu dan musisi yang tidak mungkin selamanya ‘bermain-main’ sendiri.

Di sela kesibukannya saat ini, Rinrin tengah menggarap lirik lagu yang menggambarkan suasana. Menyertakan beragam sudut pandang, suasana, dan runutan aktivitas yang dialami oleh orang-orang merupakan pembelajaran bagi Rinrin saat ini. Hal itu dilakukannya bukan hanya sebagai pertanda fokusnya dalam menciptakan lagu, melainkan lebih antusias lagi. Rinrin mengakui bahwa ingin belajar menciptakan lagu dengan menggunakan berbagai sudut pandang hingga ia bisa tahu, yang mana yang lebih membuat dirinya senang.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Simak yang lain Yuk!

X

Bagi konten ini dengan kawan

Hi, konten ini mungkin menarik untukmu: RINRIN DAN BOLA SALJU YANG MENGGELINDING DI DALAM DADANYA!
Buka tautan berikut:
https://berisik.id/rinrin-dan-bola-salju-yang-menggelinding-di-dalam-dadanya/